Menu Close

Tips Menggoreng Lele Agar Lurus

Tips Menggoreng Lele Agar Lurus

Kita semua sudah sangat mengenal dengan ikan air tawar yang satu ini. Itulah lele. Satu jenis ikan air tawar yang kini sudah menjadi kesukaan masyarakat luas. Orang yang membudidayakan lele di rumah pun kini banyak. Mereka memilih lele untuk dibudidayakan sebab ikan ini tidak mudah mati. Meskipun airnya sangat keruh namun tidak akan membuat masalah pada kesehatan lele. Ada beberapa jenis ikan lele yang sangat terkenal. Ada ikan lele lokal, lele sangkuriang, dan lele dumbo. Yang paling banyak dikenal adalah jenis lele dumbo ini. Memelihara lele juga tidak perlu air yang mengalir. Mereka yang hidup di daerah sedikit air pun bisa memeliharanya akhirnya. Alasan lainnya, lele sangat mudah dipasarkan. Konon, hanya dengan menelepon pengepul lele saja mereka akan dengan senang hati datang untuk membelinya.

Masyarakat pun sangat mudah untuk memperoleh ikan lele. Di pasar tradisional sangat banyak adanya. Termasuk pula di berbagai tempat pun banyak yang menjualnya. Biasa dan sering kita menjumpai tulisan “di sini jual lele konsumsi”. Harga dari ikan lele ini pun tergolong murah alias terjangkau. Semua kalangan masyarakat tidak kesulitan untuk mampu membelinya. Terbukti dengan sering orang membeli lele untuk dijadikan menu lauk pauk di rumahnya. Lele memiliki kandungan gizi yang cukup lumayan. Terutama pada kalori dan proteinnya yang cukup tinggi.

Rasa lele sangat enak. Ini pula yang menjadikan lele laris manis. Berapa pun stok lele akan selalu habis tidak dalam jangka waktu yang lama. Bahkan, konon permintaan akan lele di pasaran sangat besar hingga sering kurang dari tercukupi. Ada banyak variasi dari menu masakan yang berbahan dasar dari lele. Diantara berbagai resep masakan lele itu, antara lain: mangut lele, pecel lele, lele bakar, lele goreng, lele rica-rica, lele teriyaki, dan lele kukus. Mungkin masih ada lagi yang belum disebutkan di sini.

Yang paling sederhana tentu adalah masakan lele goreng. Cukup dengan menggoreng lele dengan memberi bumbu terlebih dahulu. Inilah yang paling sering dilakukan oleh para ibu rumah tangga di rumah. Menu ikan lele goreng sangat mudah dan praktis. Para anggota keluarga di rumah pun juga banyak yang menyukainya. Jadi, sangat cocok sekali bila seorang ibu menggoreng lele untuk menu makan harian di rumahnya. Tentu saja tidak setiap hari secara terus menerus.

Kala ikan lele disajikan di meja makan, entah dalam berbagai bentuk menu. Ada satu hal yang sering menjadi perhatian kita semua. Umumnya, lele yang digoreng itu bentuknya akan melengkung. Bisa terlalu ekstrim bentuk lengkungannya. Ada pula yang agak melengkung. Terutama pada bagian ekornya yang melengkung. Tetapi sedikit yang kita dapati ikan lele itu setelah digoreng bentuknya lurus. Padahal, tidak sedikit sebetulnya orang-orang yang menginginkan ikan lele yang lurus setelah digoreng matang. Memang masalah rasa tidaklah berbeda antara ikan lele yang lurus dan melengkung.

Tampilan lele yang lurus setelah digoreng tentu akan menambah daya tarik tersendiri bagi banyak penggemar lele. Apalagi, bila anda seorang pebisnis kuliner. Tentu hal ini sangat memiliki daya tarik tersendiri. Ternyata ada tips menggoreng lele agar lurus. Ini yang perlu kita ketahui. Tips untuk bisa menggoreng lele agar bisa tetap lurus yakni

  1. Siapkan lele yang sudah dibersihkan
  2. Lumurilah lele dengan bumbu sesuai selera
  3. Tuang minyak goreng ke dalam tempat penggorengan. Panaskan minyak sampai mendidih betul. Ukuran banyaknya minyak goreng yang dituangkan diperkirakan bisa menenggelamkan seluruh ikan lele. Memang kita membutuhkan minyak yang banyak dalam hal ini.
  4. Goreng sampai matang dan hati-hatilah saat membolak-balikkan lele. Angkat setelah matang dan lihatlah hasilnya. Ikan lele tidak melengkung begitu banyak atau bahkan ikan lele menjadi lurus.

Cukup sederhana ternyata. Demikian tips ini kami bagikan. Semoga artikel di atas bermanfaat untuk para pembaca semuanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *