Menu Close

Tips Mengendarai Mobil Matic

Tips Mengendarai Mobil Matic

Mobil kini sudah menjadi kendaraan yang amat terkenal. Di jalan raya jumlah mobil amat banyak. Baik itu mobil yang baru maupun yang bekas. Tetapi kalau dibanding dengan sepeda motor maka jumlahnya masih kalah. Paling banyak kendaraan sepeda motor. Kendaraan beroda empat ini memiliki manfaat yang luar biasa. Aktivitas manusia kini tidak lepas dari bantuan kendaraan. Mobil juga menjadi peralatan transportasi yang paling utama. Ketika dipakai pada siang hari orang yang di dalam mobil akan sangat nyaman. Tidak terkena panas dan tidak kehujanan saat turun hujan. Termasuk pula ketika malam hari pun orang yang menumpang mobil tidak kedinginan.

Banyak orang kemudian membeli mobil untuk dirinya. Ini yang biasa disebut sebagai mobil pribadi. Mobil seperti ini lebih banyak dipakai untuk urusan keluarga. Bisa juga digunakan untuk transportasi saat menuju ke tempat kerja. Ada pula mobil yang dipakai untuk urusan pekerjaan atau kantor. Penggunaanya hanya khusus pada transportasi yang berkaitan dengan urusan pekerjaan.

Adanya kemajuan teknologi menjadikan pula berkembang jenis mobil. Dahulu mobil hanya menggunakan sistem transmisi gigi. Sekarang sudah berbeda, kini banyak mobil memakai matic. Seorang yang belum biasa mengendarai mobil matic tentu masih bingung. Perlu belajar sedikit dulu untuk bisa menguasai teknik mengendarai mobil jenis matic ini. Tetapi kalau sudah terbiasa maka tidak akan ada masalah yang berarti. Di bawah ini kami akan tuliskan beberapa tips mengendarai mobil matic yang bisa anda praktekkan.

  1. Mempelajari panduannya
    Setiap seorang membeli mobil maka selalu disertai dengan buku panduan atau pedoman. Setiap merk mobil memiliki buku panduan. Kita mesti meluangkan waktu untuk membaca buku pedoman tersebut. Kita pelajari dengan seksama tata cara mengendarai mobil matic tersebut.
  2. Memahami dengan baik peralatan kemudi
    Kita perlu memahami peralatan kemudi dengan baik sehingga saat mengendarai mobil matic maka tidak terjadi hal-hal yang tak diinginkan. Kesalahan dalam memahami peralatan kemudi mobil matic dikhawatirkan dapat membuat kerusakan mesin. Bahkan yang lebih parah bisa berakibat pada kecelakaan. Sesuatu yang tidak pernah kita semua inginkan tentunya. Ada beberapa simbol huruf dalam kemudi mobil matic.
    N = neutral, fungsinya menjadikan hubungan roda dengan mesin dalam kondisi bebas. Biasa disebut tanpa gigi.
    P = park, fungsinya mengunci transmisi dengan penuh. Ini digunakan saat kondisi mobil sedang parkir atau berhenti total.
    D = drive, fungsinya menjadikan mobil berjalan maju secara normal.
    R = reverse, fungsinya membuat mobil berjalan ke arah belakang atau mundur.
    1 atau L = low, fungsinya membuat mobil berada pada posisi gigi kesatu.
    2, fungsinya membuat posisi transmisi maksimal pada gigi kedua.
  3. Rilekslah pada kaki kiri
    Pada mobil bertransmisi manula biasanya kaki kiri dipakai untuk menginjak kopling. Tetapi pada mobil matic kaki kiri tidak digunakan. Jadi, buatlah kaki kiri tetap rileks.
  4. Menginjak rem saat ganti transmisi
    Di saat anda mengganti transmisi maka sebaiknya kaki kanan menginjak rem. Hal ini dilakukan supaya mobil tidak berjalan sendiri kala kita mengganti transmisi.
  5. Berhati-hati
    Sikap berhati-hati sangatlah diperlukan di saat kita mengendarai mobil matic. Tidak tergesa-gesa dan tetap tenang di jalan. Meski demikian tidak disarankan kita terlalu serius. Tetap santai namun tidak menghilangkan sikap kehati-hatian. Tidak lupa selalu membaca doa.

Begitulah tips saat mengendarai mobil matic. Pastikan kita sudah menyiapkan segala hal ketika hendak berkendaraan. Surat-surat harus selalu dibawa. Pokoknya semuanya bila sudah siap maka akan nyaman terasa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *