Menu Close

Tips Menabung Uang Di Tengah Pandemi

Tips Menabung Uang Di Tengah Pandemi

Menabung memang sebuah kata yang sering kita dengar. Terutama kala kita mendapatkan nasihat dari orang tua dan guru. Menabunglah untuk membantu biaya hidupmu terutama di masa depan nanti. Ketika kita masih menjadi seorang pelajar di tingkat sekolah dasar dan menengah memang nasihat untuk menabung ini sering kali kita dengar. Kita bisa menabung pada saat itu bila mau sedikit menyisihkan uang jajan. Meski sedikit yang kita tabung namun pada waktu yang lama akhirnya akan banyak pula jumlah uang yang telah dikumpulkan. Tujuan menabung memang baik. Kita memiliki sejumlah uang yang lumayan jumlahnya. Suatu ketika kita memiliki kebutuhan yang mendesak maka tinggal kita ambil uang tabungan kita. Jadi, menabung memudahkan urusan kita sebetulnya.

Tidak hanya seorang pelajar saja yang memiliki kesempatan untu menabung sebetulnya. Kita yang telah dewasa dan bekerja sehari-hari pun malah punya kesempatan lebih besar untuk menabung. Sebab kita sudah mendapatkan penghasilan dari pekerjaan itu. Namun demikian, pada kenyataannya tidak sedikit orang yang malah kesulitan untuk menabung di usia dewasanya. Jangankan menabung, terkadang malah hutang yang dimilikinya. Menabung menjadi pekerjaan yang amat susah dilakukan. Apalagi, pada saat kondisi sedang terjadi pandemi corona. Setidaknya pernyataan seperti ini diungkapkan oleh sebagian orang. Banyak alasan yang mereka katakan mengapa mereka tidak bisa menabung, diantara alasan tersebut yakni gaya hidup seseorang yang terlalu tinggi sehingga pengeluaran menjadi besar, keinginan untuk terlihat kaya di hadapan orang lain, dan suka berbelanja barang bukan karena kebutuhan tetapi karena keinginan saja. Masih banyak lagi sebetulnya alasan lainnya.

Setiap orang tentu menginginkan kehidupan yang lebih baik lagi. Minimal hari ini lebih baik dari pada kemarin dan hari esok mesti lebih baik dari pada sekarang. Termasuk dalam masalah keuangan kita masing-masing pun ingin seperti itu. Maka mencari tips bagaimana bisa menabung menjadi sangatlah penting. Meskipun saat ini sedang terjadi pandemi corona atau covid-19 kita tetap bisa menabung sebetulnya. Namun, kita memang mesti mengetahui tips menabung di tengah pandemi corona ini. Untuk lebih jelasnya, silakan simak tipsnya berikut ini.

  1. Merencanakan untuk menabung
    Semua pekerjaan atau pun aktivitas memang perlu perencanaan terlebih dahulu. Tidak bisa hanya spontan saja. Terutama bila kita menginginkan hasil yang terbaik dari segala aktivitas tersebut. Tidak lupa dengan menabung ini, kita perlu mempersiapkannya terlebih dahulu. Siapkan diri untuk rela menyisihkan sebagian uang untuk ditabung.
  2. Mendisiplinkan diri menabung sebelum membayar kebutuhan rutin
    Semua kebutuhan mesti harus dibayar, terutama kebutuhan rutin. Beberapa bentuk kebutuhan rutin antara lain: membayar tagihan listrik, membayar tagihan air, membayar sewa kontrakan rumah, membayar biaya sekolah anak, membeli bahan makanan kebutuhan pokok harian, membayar cicilan kendaraan, dan masih banyak lagi. Seluruh kebutuhan tersebut mesti dibayar setelah kita menabung. Hanya saja untuk berapa besar jumlahnya ini memang bervariasi. Untuk anda yang baru berlatih menabung di awal maka tidak masalah bila menabung dengan nilai yang kecil terlebih dahulu. Yang terpenting itu dilakukans secara disiplin.
  3. Membuat sistem otomatis dalam menabung
    Kita bisa mengikuti program tabungan yang otomatis. Banyak sekali macamnya sebetulnya. Sebagai contoh, ketika kita menerima gaji dari kantor maka sebelum kita mendapat gaji tersebut maka sudah ada potongan untuk ditabung. Jumlah potongan untuk ditabung itu disepakati tentunya. Program kantor seperti ini akan sangat membantu kita yang sulit mengatur keuangan.
  4. Hasil pendapatan tambahan disimpan dalam tabungan
    Dalam beberapa waktu tertentu terkadang kita mendapatkan tambahan pendapatan. Mungkin karena ada kegiatan lembur sehingga diberikan tambahan penghasilan. Adanya pendapatan tambahan ini akan membantu kita untuk bisa menabung meski di tengah kesulitan ekonomi karena adanya pandemi corona atau covid-19.
  5. Mengurangi biaya bulanan
    Dari setiap pendapatan kita mesti ada biaya bulanan. Agar kita bisa menabung maka perlu untuk kita mengurangi beberapa biaya rutin bulanan. Tentu saja dipilih jenis pembiayaan rutin yang tidak begitu penting. Ada skala prioritas dalam hal ini. Misalnya saja biaya untuk rekreasi digunakan untuk menabung saja.

Dengan beberapa tips ini kami yakin anda bisa menabung meski sedang menghadapi pandemi corona. Kunci yang paling mujarab ialah komitmen dalam diri. Ketika kita sudah punya komitmen maka menabung sudah menjadi perkara yang mudah untuk dilakukan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *