Menu Close

Tips Memulai Bisnis Pakaian

Tips Memulai Bisnis Pakaian

Untuk memulai sebuah bisnis maka perlu kita berpikir terlebih dahulu. Bukannya berpikir panjang tentang resiko kegagalan atau bahkan kebangkrutan. Namun, fokus berpikir bagaimana bisa sukses dalam mengelola bisnis yang akan kita geluti. Dalam menjalankan bisnis jenis apa pun yang namanya risiko itu tetap ada. Risiko dalam bisnis adalah sebuah keniscayaan yang tidak bisa dihindari. Akan tetapi bila kita jeli maka sangatlah mungkin bahwa kita akan terhindar dari risiko buruk yang tak pernah kita kehendaki itu. Seorang yang akan berbisnis hendaknya belajar bagaimana mengendalikan risiko. Tentu saja ini bukan hanya membaca saja di buku, perlu praktek secara langsung di lapangan.

Banyak sekali contoh dalam berbisnis. Satu hal yang kini pasarannya masih punya tren yang bagus adalah bisnis pakaian. Hampir tak pernah lengang di sepanjang zaman. Maklumlah pakaian itu bagian dari kebutuhan pokok manusia disamping pangan dan rumah tempat tinggal. Untuk sukses kita mestinya mengetahui tips-tips penting dalam menjalankan bisnis. Termasuk dalam hal ini bisnis pakaian. Nah, kali ini kami akan membahas beberapa tips memulai bisnis pakain itu.

  1. Kita harus menentukan jenis pakaian
    Memulai sebuah bisnis pakaian adalah perjalanan yang sangat menyenangkan. Pakaian selalu dipakai oleh tiap orang yang hidup di muka bumi ini. Anda bisa menjadi orang kreatif yang memiliki sesuatu untuk ditawarkan dunia fashion yang berubah dengan cepat. Anda mungkin telah melihat niche di pasar atau sedang mempertimbangkan desain yang unik untuk kelompok konsumen tertentu. Jenis pakaian dipilih sesuai hasil riset yang anda lakukan.
  2. Rencanakan bisnis anda dengan modal yang cukup
    Ide yang brilian tidaklah cukup. Perlu kita siapkan modal agar kita leluasa untuk mengembangkan bisnis kita. Tapi kami sarankan jangan berhutang dulu. Kita bisa berbisnis cukup dengan menjualkan milik orang lain terlebih dahulu. Modal yang kita punya hanya untuk membeli kendaraan bila belum punya atau biaya transportasi misalnya beli bahan bakar dan lainnya. Termasuk biaya lainnya untuk menunjang kelancaran usaha yang sedang kita rintis.
  3. Lakukan promosi selalu
    Iklan atau promosi menjadi pilar bisnis yang tidak boleh dilupakan. Semua harus sadar bahwa hanya dengan berpromosi orang akan tahu bahwa kita berjualan pakaian. Saat mereka sudah melihat barang dagangan kita maka akan ada keyakinan bahwa pastinya penjualan segera pecah telur. Bukankah ini yang kita semua harapkan? Perlu untuk diketahui tentang cara melakukan promosi. Media promosi saat ini yang paling efektif dan efisien ialah melalui media internet. Karena hampir semua orang kini punya smartphone di sakunya. Tentu saja waktu atau frekuensi orang melihat smartphone ini lebih besar dibanding yang lainnya. Berpromosi dengan web dan media sosial sangatlah tepat untuk dipilih. Taruh saja misalnya pakai media sosial berupa whatsapp dan facebook. Di samping gratis tapi jangkauannya tidak terbatas.
  4. Buatlah harga jual yang bersaing
    Di awal untuk mencari pasaran baru janganlah terlalu mahal menjualnya. Bahkan Kalau bisa penuh dengan diskon atau potongan harga. Memilih margin keuntungan yang kecil di awal tidaklah masalah. Jangan lupa saat ini kita baru melakukan rintisan. Untuk membuat harga yang bagus dan mendapat margin keuntungan yang lumayan mestinya harus sabar dulu. Tunggulah waktu yang pas atau tepat nanti.
  5. Simpan keuntungan untuk pengembangan bisnis
    Seberapa besar keuntungan yang diperoleh hendaknya disyukuri. Bila sudah memperoleh keuntungan maka jangan lupa untuk menyisihkan sebagiannya. Jangan dihabiskan untuk konsumsi saja. Sisihkan uang hasil keuntungan untuk mengembangkan bisnis ke depannya. Kita semua tentu punya harapan bahwa bisnis kita akan menjadi super star.

Demikian beberapa tips memulai bisnis pakaian. Sangat singkat memang, tetapi janganlah lupa bahwa tips singkat ini akan berdampak besar pada bisnis pakaian yang kita geluti. Semoga artikel ini memberi sumbangsih besar bagi para calon usahawan di tanah air.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *