Menu Close

Tips Memilih Telur Ayam Yang Berkualitas Baik

Tips Memilih Telur Ayam Yang Berkualitas Baik

Telur ayam menjadi bahan makanan yang sudah amat terkenal. Orang-orang dari daerah mana saja suka sama telur ini. Bisa langsung dimasak dengan direbus atau digoreng. Sudah menjadi lauk yang enak dan bergizi. Bisa pula dengan cara lain yang dalam memasaknya. Aneka menu makanan pun bisa dibuat dengan menggunakan bahan telur ayam ini. Kue dan roti yang sangat banyak macamnya rata-rata menggunakan telur ayam dalam komposisinya. Nilai gizi berupa protein dan vitamin yang terdapat pada telur ini sangatlah diperlukan oleh tubuh manusia.

Begitu pentingnya telur ini untuk selalu dikonsumsi. Anak-anak hingga orang dewasa pun menyukai telur ayam. Tak heran bila banyak orang yang membeli telur ini tiap hari. Jumlah konsumsi telur ayam pada tiap rumah tangga memang lumayan tinggi. Maka penting untuk setiap orang mencari tahu bagaimana cara memilih telur ayam yang berkualitas baik. Jangan sampai kita hanya asal membeli saja tanpa mengetahu seperti apa telur ayam yang baik itu. Nah, untuk membantu para bunda di rumah ketika akan membeli telur ayam maka kami tuliskan di bawah ini tips memilih telur ayam.

  1. Memilih telur ayam yang baunya masih segar
    Meskipun telur ayam ini sepertinya tidak berbau tetapi sebetulnya kalau kica menciumnya dengan teliti tetap saja ada baunya. Telur ayam yang segar punya bau yang berbeda dibandingkan dengan telur ayam yang sudah rusak.
  2. Melihat cangkang telur ayam
    Kita perlu melihat dulu cangkang telur yang akan kita beli. Cara ini sangatlah mudah dan praktis. Telur yang masih baru memiliki warna cangkang berbeda dengan telur ayam yang sudah lama. Warna cangkang telur ayam yang masih baru yakni masih cerah. Tak ada bintik hitam pada cangkang telur yang masih baru tersebut. Termasuk pula kita perlu memperhatikan cangkang telur ayam tersebut, apakah ada yang retak atau tidak. Bila dalam kondisi retak maka sebaiknya ktia tidak membelinya. Pilih atau beli yang masih utuh.
  3. Mengguncangkan telur ayam secara perlahan
    Cara ini untuk mengecek apakah telur ayam tersebut masih baru atau sudah lama. Lalu bagaimana menyimpulkan telur bau atau sudah lama dengan cara diguncangkan ini? Bila mana telur yang kita goncangkan tidak berbunyi sama sekali maka berarti telur tersebut masih baru dan bagus dibeli. Namun, bila muncul suara di dalam telur itu ketika kita guncangkan dengan perlahan maka telur itu berarti sudah tidak segar lagi alias telah lama.
  4. Merendam telur ayam di air
    Tatkala telur ayam yang kita masukkan ke dalam air tenggelam maka berarti masih bagus kualitasnya. Sebaliknya, jika kita memasukan telur ayam tersebut ke dalam air lalu malah melayang maka berarti telur tersebut telah rusak atau tidak berkualitas. Demikian pula jika telur ayam tersebut mengapung, lebih buruk lagi kualitasnya.
  5. Membeli telur ayam dari tempat yang terpercaya
    Telur ayam yang kita beli sebaiknya dari tempat yang terpercaya. Penjual yang biasa memperjualkan telur ayam yang berkualitas maka umumnya akan selalu menjual yang berkualitas pula. Ini untuk menjaga nama baik sang penjual tersebut di mata konsumen. Bagi seorang penjual, yang namanya reputasi itu sangat penting. Bahkan bisa dikatakan lebih penting dari sekedar keuntungan dari bisnisnya.

Sangat penting masalah sederhana ini. Mengetahui cara memilih telur ayam menjadi hal penting karena ini sering dilakukan oleh kita semuanya. Utamanya para ibu rumah tangga yang berbelanja di pasar atau di warung dekat rumah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *