Menu Close

Tips Memilih Sepatu Yang Nyaman Dipakai

Tips Memilih Sepatu Yang Nyaman Dipakai

Sepatu bukan barang yang mewah untuk saat ini. Berbeda dengan di masa puluhan atau ratusan tahun yang lalu. Mungkin dulu orang memiliki sepatu dianggap sebagai orang yang kaya raya. Memakai sepatu di kedua kaki tidak bisa dilakukan oleh tiap orang di zaman itu. Berbeda dengan saat ini. Hampir tiap orang memiliki sepatu. Bahkan setiap hari dipakai selalu sepatu itu. Apalagi kalau sedang bekerja di luar rumah. Sepatu hampir tidak pernah lepas dari kedua kaki. Zaman sekarang sepatu menjadi bagian yang tak terpisahkan dalam kehidupan sehari-hari.

Ketika kita tidak memiliki sepatu maka membelinya ke toko menjadi solusi tepat. Tidak bisa kita membuatnya sendiri. Terkecuali bila kita punya keahlian khusus dan peralatan untuk membuat sepatu sendiri. Bila kita hendak membeli sesuatu tentu mesti mengetahui karakteristik barang yang akan dibeli tersebut. Termasuk mengetahui cara yang terbaik atau tips bagaimana memilih yang sesuai dengan harapan. Pun demikian dengan kalau kita hendak membeli sepatu. Kita perlu mengetahui bagaimana memilih sepatu yang nyaman untuk dipakai. Sebetulnya ada beberapa tips dalam memilih sepatu ketika kita akan membelinya. Silakan langsung saja disimak berikut ini.

  1. Sebaiknya memilih waktu di siang atau sore hari
    Umumnya toko sepatu buka di waktu siang hari sampai malam. Memilih waktu ini bukan masalah hal yang sepele tetapi ada hal penting di balik waktu tersebut. Di kala pagi hari kaki kita belum banyak beraktivitas. Kalau pun sudah ada aktivitasnya maka tetap kalah banyak dibanding kalau sudah di waktu siang atau sore hari. Bila kaki digunakan untuk banyak aktivitas maka ukuran kaki sedikit akan mengembang. Maka kalau membeli sepatu sebaiknya di waktu siang dan sore hari sebab kaki kita telah mengembang. Dengan begitu kita tidak akan salah pilih dengan ukuran sepatu yang akan kita beli. Bila membeli sepatu di pagi hari kita khawatir nanti sepatu yang dibeli ukurannya tidak akan pas dan nyaman karena waktu pagi kaki kita belum mengembang.
  2. Mengetahui ukuran kaki kita
    Ini yang penting untuk diperhatikan. Jangan sampai membeli sepatu tidak disesuaikan dengan ukuran kaki kita. Pastikan ukuran sepatu sesuai dengan ukuran kaki. Tidak terlalu longgar dan tidak terlalu sempit. Benar-benar ukurannya itu pas.
  3. Mencoba dulu sebelum membelinya
    Meski sudah terlihat jelas ukurannya tapi tidak ada salahnya kita mencoba sepatu yang hendak kita beli. Biasanya di toko sepatu terdapat beberapa sepatu yang dipajang di depan toko. Kita meminta izin untuk mencobanya dulu. Dalam mencoba sepatu ini yang perlu kita lakukan pertama dengan berdiri dulu. Kita berdiri tegak dalam posisi memakai sepatu. Rasakan apakah nyaman atau tidak? Setelah berdiri cobalah untuk berjalan beberapa langkah. Lagi-lagi silakan dirasakan apakah nyaman atau tidak? Kalau jawabannya sudah nyaman maka tinggal langsung membeli sepatu pilihan kita tersebut.
  4. Mengecek bantalan dalam sepatu
    Kita bisa melakukan pengecekan secara sederhana. Cobalah ditekan bagian dalam sepatu. Sebaiknya memilih bantalan dalam yang empuk atau tidak keras. Bila terlalu keras maka akan sangat tidak nyaman bila dipakai berjalan atau berdiri dalam waktu lama.
  5. Melihat sepatu pada bagian depannya
    Pastikan pada bagian depan sepatu masih terdapat jarak atau rongga. Ada sedikit rongga antara ujung jari dengan ujung sepatu di bagian dalam. Ketika ada rongga sedikit ini maka kita akan lebih nyaman memakainya.
  6. Melihat warna dari sepatu
    Mengenai warna sepatu ini sebetulnya terserah kita saja. Masing-masing orang bisa memilihnya sesuai dengan keinginannya. Tidak ada anjuran khusus untuk memilih warna sepatu. Hanya sebaiknya kita menyesuaikan antara warna sepatu dengan warna celana yang biasa kita pakai. Tujuannya agar enak dilihat oleh orang lain dan kita sendiri.
  7. Memilih sepatu berdasarkan kegiatan yang dilakukan
    Kalau kita ingin menggunakan sepatu tersebut untuk olah raga lari misalnya maka pastikan jenis sepatu khusus yang dibeli. Jika kita hendak menggunakan sepatu itu untuk kegiatan kantor maka pastikan membeli sepatu untuk perkantoran. Intinya dalam membeli sepatu kita perlu menyesuaikan dengan kegiatan yang dilakukan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *