Menu Close

Tips Memilih Jurusan Kuliah Untuk Kamu

Tips Memilih Jurusan Kuliah Untuk Kamu

Setiap anak sekolah umumnya memiliki sebuah cita-cita di hari depannya nanti. Berbagai profesi menjadi mentereng menjadi harapan yang akan ia inginkan. Di masa depan hidupnya ingin ia menjadi seseorang yang sesuai dengan apa yang dicita-citakannya itu. Maka saat mengenyam pendidikan di bangku sekolah pun punya semangat yang menggebu-gebu. Rasa malas yang menghinggapi di buang jauh-jauh. Tidak ingin kemalasan dalam belajar sampai menjadi halangan untuk meraih cita-cita yang diharapkannya itu.

Segala cara untuk belajar secara efektif dilakukan. Di sekolah seorang anak yang kuat untuk meraih cita-citanya selalu taat dan patuh kepada gurunya. Demikian pula ketika di rumah ia pun selalu menaati orang tuanya. Segala hal yang diajarkan oleh gurunya maka ia memperhatikannya dengan baik. Bila terdapat kesulitan dalam sebuah materi pelajaran maka ia langsung bertanya kepada gurunya itu. Begitu antusias ia dalam belajar. Terkadang waktu sore atau kalau ada liburan digunakannya untuk mengikuti les tambahan di luar sekolah. Mengikuti bimbingan belajar salah satunya. Termasuk bimbingan bagaimana bisa masuk ke perguruan tinggi yang diinginkan.

Akan tetapi, tidak sedikit anak sekolah yang masih bingung dalam memilih jurusan saat akan melanjutkan kuliah. Mengenai cita-cita saja terkadang masih juga ada kebingungan. Anak semacam ini tentu perlu bimbingan dan pengarahan agar ia tidak bingung ketika hendak memilih jurusan kuliah. Berikut ini tipsnya.

  1. Berkonsultasi kepada guru
    Di setiap sekolah biasanya memiliki informasi tentang prestasi tiap muridnya. Dari hasil prestasi tersebut maka seorang anak bisa melihat kecenderungan pada bidang apa yang lebih mampu dikuasai. Seorang anak sebaiknya berkonsultasi kepada gurunya. Jurusan kuliah apa yang sebaiknya ia hendak pilih. Sebab kalau hanya mengandalkan pertimbangan sendiri maka kurang begitu akurat. Guru adalah orang yang lebih dekat dan paling tahu atas kemampuan seorang anak. Meskipun sebetulnya anak sendirilah yang akan menjadi penentu keputusan.
  2. Berkonsultasi kepada orang tua
    Orang tua juga pihak yang paling penting untuk diajak berkonsultasi. Jurusan apa pun yang hendak dipilih oleh seorang anak maka orang tua berhak mengetahuinya. Orang tua umumnya menjadi pihak yang akan membiayai studi dari anak-anaknya yang kuliah di perguruan tinggi. Ketika kedua orang tua telah diberitahu tentang jurusan yang akan dipilih oleh anaknya maka mereka akan memberikan nasihat seperlunya. Bagaimana pun orang tua adalah pihak yang paling berjasa kepada anaknya. Ketika sebuah jurusan yang hendak dipilih oleh anaknya itu tak disetujui oleh orang tua maka sebaiknya ini menjadi bahan pertimbangan penting. Seorang anak tidak boleh mengabaikan begitu saja nasihat orang tuanya. Jurusan kuliah yang dipilih anak mesti harus mendapat restu dari kedua orang tuanya. Mentaati orang tua menjadi tips penting untuk menentukan jurusan kuliah yang tepat.
  3. Mengetahui dulu minat yang dimiliki
    Setiap anak punya minat tersendiri. Satu orang dengan orang lain berbeda. Meskipun ada pula yang memiliki kesamaan. Terkadang didapati seorang anak yang memilih jurusan kuliah karena teman-temannya. Ketika teman-temannya ramai-ramai memilih jurusan akuntansi maka ia pun ikut saja dengan mereka. Cara seperti ini kuranglah bijak. Sebaiknya dilihat dulu minat dan passion yang dimiliki. Sesuaikan jurusan dengan minat tersebut. Agar nanti di kala menggeluti sebuah bidang tidak akan berat dirasakan namun malah bisa menikmatinya dengan baik.
  4. Mempertimbangkan biaya yang dibutuhkan
    Biaya menjadi faktor penting dalam memilih tempat perkuliahan. Ketika sebuah jurusan kuliah biayanya yang dibutuhkan amat mahal dan keluarga si anak tersebut tak mampu menjangkaunya maka ini menjadi hal yang harus dipertimbangkan. Perlu memilih jurusan kuliah yang terjangkau biayanya. Ketika seorang kuliah maka biaya yang harus dikeluarkan bukan hanya untuk uang kuliah saja. Biaya hidup sang mahasiswa juga menjadi perlu dipikirkan.

Itulah tips praktis dalam memilih jurusan kuliah. Jangan sampai salah dalam memilih jurusan untuk kuliah. Meraih ilmu di perguruan tinggi menjadi sebuah kesempatan yang sangat baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *