Menu Close

Sukses Dengan Bisnis Gorengan

Sukses Dengan Bisnis Gorengan

Untuk sukses dengan bisnis gorengan sebetulnya tidaklah sulit. Pada hakikatnya semua orang bisa hidup sukses gegara menjalankan bisnis gorengan. Kalau kita tanya orang lain di sekitar kita tentu sudah tidak asing mengenai makanan gorengan ini. Bahkan mungkin saja tiap hari kita menikmatinya. Sudah seperti menikmati nasi saja makan gorengan ini. Begitulah yang terjadi di banyak rumah tangga negeri ini. Kalau disebut gorengan maka yang terbayang di pikiran kita dan para pembaca adalah tempe mendoan, bakwan, tahu isi, umbi goreng, cakwe, pisang goreng, risoles goreng, cemplon, dan masih banyak lagi. Namun yang paling banyak ditemui di tempat orang yang jualan gorengan adalah tahu isi, bakwan, dan tempe mendoan.

Karena sudah begitu akrab dengan masyarakat, gorengan sudah dipilih sebagai makanan camilan siap saja setiap hari. Sudah biasa bila dalam suatu acara mesti tersaji yang namanya gorengan ini. Tatkala kita bertamu kepada seseorang pun sangat sering menu gorengan menjadi teman teh manis. Ibaratnya sebuah produk, gorengan memiliki tingkat popularitas yang tinggi di tengah masyarakat. Tanpa harus beriklan di media televisi dengan biaya mahal gorengan sudah terkenal di seantero nusantara. Makanan gorengan secara turun temurun menjadi camilan masyarakat pada umumnya.

Melihat hal ini, jiwa seorang pengusaha akan terpikir untuk melakukan sesuatu. Apa lagi kalau bukan mencoba terjun ke bisnis jualan gorengan ini. Tinggal membangun kepercayaan diri untuk mau memulai usaha saja. Namun, alangkah baiknya kita bersabar untuk mempelajari bagaimana caranya sukses dalam bisnis gorengan ini. Terdapat beberapa tips sederhana supaya kita bisa sukses di dalam menjalankan usaha jualan gorengan, silakan disimak berikut ini.

  1. Memperkuat semangat dalam diri
    Semangat untuk sukses itu menjadi pondasi awal. Berangkat dari ponsasi awal yang kuat ini maka sukses akan lebih mudah untuk diraih. Siapa saja yang ingin sukses dalam bisnisnya maka hendaknya memperkuat semangatnya.
  2. Belajar membuat gorengan yang enak
    Ini sesuatu yang menjadi esensi dari bisnis gorengan. Ketika gorengan kita enak maka akan disukai oleh banyak orang. Cita rasa dan kerenyahan dari gorengan menjadi faktor enaknya. Otomatis akan semakin banyak pula orang yang membeli gorengan di tempat kita. Akhirnya tingkat penjualan akan tinggi dan keuntungan pun juga mengikuti. Cara belajar ini memang tidak sebentar. Perlu kita mencari tahu baik dengan bertanya, melihat video di internet, maupun sekedar mencoba sendir. Melakukan trial and error tidaklah masalah. Kalau ada seseorang yang sudah ahli dalam memasak gorengan, alangkah baiknya bila kita berguru kepadanya. Untuk selanjutnya kita mesti membuat resep gorengan sendiri yang paling enak dan disukai oleh banyak orang.
  3. Memilih lokasi usaha yang tepat.
    Dahulu orang selalu memilih tempat usaha yang dekat dengan pusat keramaian manusia. Misalnya saja di pinggir jalan raya yang ramai, dekat dengan fasilitas publik seperti perkantoran dan rumah sakit, di pinggiran perempatan atau pertigaan, dan tempat lainnya yang terbilang ramai. Anggapan tidaklah salah. Bahkan bisa dikatakan benar. Akan tetapi, kita bisa menebak berapa harga dari sewa tempat seperti itu. Pastinya akan mahal harga sewanya. Tetapi kalau sudah milik sendiri tentu tidak ada sewa sama sekali. Namun, kalau kita tidak punya tempat seperti itu dan mesti harus sewa dengan harga mahal maka kita akan kesulitan. Modal di awal yang besar menjadi faktor para calon pengusaha berhenti untuk memulai tekadnya merintis sebuah bisnis. Solusinya kita bisa menyewa tempat yang tidak terlalu ramai. Tidak masalah. Yang terpenting usaha kita jalan terlebih dahulu. Barulah ke depannya bila sudah punya simpanan uang yang cukup maka bolehlah memikirkan untuk mencari lokasi yang lebih strategis.
  4. Promosikan
    Maksud promosi di sini tidak dilakukan dengan hal yang sulit-sulit dan berbiaya mahal. Cukup kita buka warung kecil dan ada baner di depannya dengan bertuliskan jual gorengan enak misalnya. Selanjutnya, kita bisa ceritakan kepada teman-teman kita bahwa kita menjual gorengan sekarang dengan rasa enak dan renyah. Pastikan pula untuk diawal memberi diskon atau harga yang murah. Jangan pernah pelit untuk bersedekah karena ini akan memperlancar bisnis atau usaha gorengan kita.
  5. Aturlah keuangan sebaik mungkin
    Berapapun yang kita peroleh dari keuntungan jualan gorengan hendaknya disyukuri. Kemudian aturlah bahwa keuntungan hasil jualan mesti sebagian ditabung untuk pengembangan usaha dan sebagian dinikmati.

Setidaknya dengan kita mempraktekkan lima tips ini maka modal besar sudah diperoleh. Untuk selanjutnya tinggal menjalankan usaha. Semoga tips ini bermanfaat untuk para pembaca yang budiman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *