Menu Close

Peluang Bisnis Bulan Ramadhan

Peluang Bisnis Bulan Ramadhan

Bulan ramadhan telah datang. Tiap tahun ada satu bulan dalam kalender hijriyah yang namanya bulan ramadhan. Sesuatu yang penting pada bulan tersebut yakni adanya kewajiban melaksanakan ibadah puasa selama sebulan penuh. Di bulan tersebut ada beberapa peluang bisnis yang bisa kita ambil. Memang pada bulan ramadhan itu terdapat beberapa komoditas barang yang permintaan dari konsumen melonjak drastis. Tidak seperti pada bulan-bulan lainnya. Tentu saja ini menjadi peluang emas bagi mereka para pengusaha atau calon pengusaha. Sebuah kesempatan yang di dalam satu tahun hanya ada satu bulan. Alangkah sayang bila kesempatan yang baik ini tidak segera diambil oleh kita.

Di sini kami akan mencoba merangkum beberapa ide peluang bisnis yang bisa kita pertimbangkan untuk diambil. Kita pilih satu atau dua jenis saja sebetulnya sudah lumayan. Yang terpenting mau fokus dan serius dalam menanganinya. Baiklah silakan menyimaknya berikut ini.

  1. Jualan Minuman Berbuka Puasa
    Para master bisnis telah banyak yang mengatakan bahwa berjualan jenis minuman itu tergolong mudah dan sederhana. Bertepatan dengan bulan ramadhan maka peluang untuk berjualan aneka jenis minuman segar semakin terbuka lebar. Dalam hal ini yang dimaksud ialah minuman segar khas yang biasa diminum saat berbuka puasa. Ada macam-macamnya. Misalnya saja: dawet, es buah, es kelapa muda atau degan, es campur, es cendol, jus buah dengan variasi buahnya, dan masih banyak lagi. Modalnya relatif kecil dan para pemula pun tidak begitu kesulitan dalam menjalankannya.
  2. Jualan Kurma
    Umat muslim yang berbuka puasa dianjurkan untuk makan buah kurma. Sedikit atau banyak buah kurma yang dikonsumsi oleh umat muslim pastinya akan berpengaruh pada omzet penjualan buah kurma. Maka ini pun bisa menjadi peluang emas untuk kita berjualan buah kurma. Bisa kita manfaatkan tempat di pinggir jalan yang ramai sebagai lokasinya. Kalau semakin baik lagi bila mau menyewa ruko atau tempat berjualan yang lebih nyaman. Buah kurma sendiri bermacam-macam jenisnya. Ada yang murah dan terdapat pula yang mahal. Misalnya saja ada kurma ajwa, naghol, sukari, dan lain-lain.
  3. Jualan Makanan Takjil
    Ketika seseorang berbuka puasa maka mereka membutuhkan makanan. Biasa ketika di bulan ramadhan banyak orang yang berbagi makanan takjil khusus untuk berbuka puasa. Semangat untuk berbagi makanan berbuka puasa pun amatlah besar pada bulan tersebut. Tidak sedikit orang yang membeli makanan takjil itu. Maka sangat bagus untuk mengambil peluang jualan makanan takjil ini. Kesempatan yang tidak setiap bulan ada.
  4. Jualan Baju Muslim
    Setelah selesai bulan ramadhan maka masuklah hari raya idul fitri atau sering disebut hari raya lebaran. Sudah menjadi kebiasaan bagi masyarakat bahwa pada hari itu untuk memakai baju muslim dan muslimah. Bahkan bajunya pun dipilih yang baru. Maka peluang untuk berjualan baju muslim muslimah sangatlah menjanjikan. Kita tidak mesti harus keluar modal besar dengan membeli lalu baru menjual. Sangat mungkin kita hanya menjualkan saja. Ini menjadi sangat mudah dan peluang meraup untungnya pun lumayan.
  5. Jualan Kue Kering Lebaran
    Hari lebaran hampir tidak bisa dipisahkan dengan hadirnya penganan di meja makan. Biasanya yang banyak dipilih adalah aneka jenis kue kering. Contoh kue kering yang laris manis ialah kastangels, nastar, putri salju, dan masih banyak lagi lainnya. Item kue kering yang banyak menjadikan peluang emas untuk semakin laris jualan kita. Tingginya permintaan terhadap kue kering menjadi alasan lainnya untuk kita jualan kue ini.

Itulah beberapa peluang bisnis yang bisa kita ambil di bulan ramadhan. Sebetulnya tidak hanya lima jenis peluang bisnis di atas saja yang bisa kita ambil. Masih banyak lagi peluang bisnis yang layak untuk diambil. Tetapi dengan kita memahami beberapa peluang di atas maka sudah cukup memiliki modal pengetahuan untuk kita mulai berbisnis di bulan ramadhan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *