Menu Close

Mengenal Malware Komputer Dan Cara Mengatasinya

Mengenal Malware Komputer Dan Cara Mengatasinya

Dalam era yang serba canggih teknologinya ini kita sudah tidak asing lagi dengan menggunakan perangkat komputer. Di banyak rumah kini sudah tersedia komputer dengan beragam spesifikasinya. Banyak pekerjaan manusia di zaman sekarang yang menggunakan komputer. Hal ini berbeda tentunya dibandingkan puluhan tahun yang lalu. Tidak hanya komputer, kini kita juga sangat akrab dengan dunia online. Internet kini sudah banyak digunakan oleh masyarakat secara luas. Satu hal yang menarik untuk dibahas pemanfaatan internet adalah digunakan untuk membuka berbagai situs web yang jumlahnya semakin banyak saja untuk sekarang ini. Banyak sekali informasi yang bermanfaat yang bisa diperoleh dari membuka dan membaca artikel di pelbagai website.

Ketika kita membukan laptop dan berselancar di dunia maya maka ada kalanya kita bersinggungan dengan sesuatu yang namanya malware. Istilah malware ini memang tidak semua orang mengetahui dan memahaminya meskipun banyak orang telah menggunakan komputer dan jaringan internet. Malware merupakan kependekan dari Malicious Software. Pengertian dari malware sendiri yakni sebuah perangkat lunak atau program yang dirancang untuk merusak sistem komputer. Cara masuknya malware ke dalam komputer kita biasanya dengan melalui situs download, email, dan banyak program yang sudah terinfeksi. Sangat mungkin juga malware mengakibatkan pencurian data serta informasi penting lainnya. Malware ini jelas akan merugikan bagi komputer kita.

Kemudian timbul pula pertanyaan, bagaimana malware ini bekerja pada website dan komputer kita? Malware sering dibagikan melalui plugin dan theme pada situs web. Malware juga bisa tersebar melalui kode program dan perangkat lunak pada sebuah perangkat desktop. Untuk lebih jelasnya kita simak penjelasannya berikut ini.

  1. Penyebaran malware melalui theme
    Biasanya hal ini bisa terjadi bila anda menggunakan theme bajakan. Memang theme bajakan harganya murah. Banyak pula fasilitas menarik yang ditawarkan dari theme bajakan ini. Wajarlah banyak orang yang menjadi terpikat untuk membeli theme bajakan tersebut. Kami sarankan anda membeli theme yang premium atau berbayar saja demi keselamatan dan kenyamanan. Langsung membeli dari situs yang dapat dipercaya. Bisa juga dengan menggunakan theme free yang telah disediakan oleh web-web yang resmi. Hal ini bisa memperkecil resiko terkena malware.
  2. Penyebaran melalui perangkat desktop
    Ketika kita ingin menginstal perangkat lunak di desktop maka kita harus benar-benar berhati-hati. Terutama saat mengeksekusi kode program. Besar kemungkinan ada beberapa aplikasi yang tersusupi oleh malware. Saat dieksekusi program tersebut maka malware dengan lancarnya bisa tersebar ke seluruh sistem desktop.
  3. Penyebaran melalui plugin
    Memang keberadaan plugin ini sangat penting. Ia bisa meningkatkan kinerja website secara maksimal. Fitur-fitur yang ada di plugin sangatlah bermanfaat untuk membantu kita memaksimalkan kinerja website yang kita miliki. Namun, dari plugin ini ternyata ada resiko masuknya malware ke website kita. Untuk kehati-hatian sebaiknya anda menggunakan plugin yang bukan bajakan atau plugin premium yang terpercaya. Anda pun sebaiknya selalu memperbarui versi plugin ke paling baru.

Untuk mengatasi masalah malware ini kita perlu melakukan beberapa hal. Untuk para pengguna wordpress kita bisa memanfaatkan plugin wordfence. Dengan plugin ini maka kita bisa membersihkan segala malware yang berbahaya bagi website. Ada juga beberapa plugin untuk wordpress lainnya yang berfungsi untuk membersihkan malware, contohnya saja BulletProof dan iThemes. Kita pun perlu memindai file-file di desktop kita agar terbebas dari malware. Periksa setiap file yang kiranya mencurigakan terdapat malware di dalamnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *