Menu Close

Cara Merawat Flashdisk Agar Awet

Cara Merawat Flashdisk Agar Awet

Memiliki barang yang berharga maka mesti dirawat dengan baik. Termasuk pula dengan barang yang berupa flashdisk. Hari ini flashdisk bukan barang yang asing lagi. Hampir semua orang sudah mengenalnya meskipun memang tidak semua orang memilikinya. Hanya orang-orang yang memiliki pekerjaan dan profesi tertentu saja yang menggunakannya. Tetapi tidak hanya satu atau dua jenis profesi saja. Pada kenyataannya, banyak sekali profesi atau pekerjaan untuk mempunyai kaitan dengan menggunakan flashdisk. Sebut saja seorang pegawai kantoran, pelajar, mahasiswa, pengusaha, pedagang, dokter, perawat, dan lain sebagainya.

Begitu pentingnya kita memiliki flashdisk. Wajar bila kita membelinya. Karena sangat bermanfaat untuk dimiliki oleh setiap orang. Media penyimpanan berupa flashdisk sangatlah urgen bagi siapa saja yang sering menggunakan komputer atau pun laptop. Dibanding dengan hardisk dan SSD atau solid state disk maka flashdisk lebih murah harganya. Saat kita hendak pergi kemana-mana maka tidak akan kesulitan membawa flashdisk. Bentuknya yang mungil memang memudahkan kita untuk membawanya kemana-mana sesuai kesukaan.

Ketika sudah memiliki flashdisk maka kita mesti menjaganya agar tetap awet dan tidak mudah rusak. Meski pun harganya relatif murah namun data yang ada di flashdisk umumnya sangat penting. Biasa kita back up data dengan menggunakan flashdisk. Bila flashdisk ini rusak maka data yang ada di dalamnya terancam akan hilang. Tentu ini akan menjadikan kita sedih dan merana. Ada beberapa hal yang bisa kita lakukan agar flashdisk kita ini tetap awet.

  1. Hindarkan dari air
    Percikan air saja yang mengenai flashdisk maka akan membuatnya cepat rusak. Apalagi bila sampai banyak air yang mengenainya. Misalnya saja saat kita pergi dan kehujanan. Atau lupa menaruh flashdisk di saku celana kemudian dicuci. Kita mesti memperhatikan flashdisk agar terhindar dari air.
  2. Tidak terkena benturan
    Meskipun ketika flashdisk ini jatuh di lantai tidak mesti membuat pecah namun hal itu hendaknya jangan sampai terjadi. Ketika flashdisk ini jatuh atau terkena benturan yang keras maka sangat mungkin membuatnya rusak. Termasuk pula ketika memberikan sebuah flashdisk ke teman kerja sebaiknya jangan dilemparkan. Khawatir nanti malah membuat flashdisk jatuh dan akhirnya rusak.
  3. Pastikan kita mengklik menu eject sebelum dilepas dari komputer
    Memang mencopot atau melepas flashdisk dari komputer merupakan pekerjaan yang sehari-hari bisa dilakukan oleh seseorang. Jangan lupa untuk melakukan eject flashdisk ketika kita mencopotnya. Ini akan membuat data di dalam flashdisk tetap utuh dan tidak hilang.
  4. Jauhkan dari magnet
    Ketika flashdisk berada dekat dengan magnet maka akan berbahaya. Komponen yang ada di dalam flashdisk bisa mudah rusak seketika.
  5. Rutin melakukan scan flashdisk
    Adanya virus dalam komputer membuat kita perlu waspada. Jangan sampai flashdisk kita terkena virus yang berbahaya. Sebagai antisipasinya maka perlu kita melakukan scan terhadap flashdisk tersebut.
  6. Tidak menjalankan file langsung di flashdisk
    Terkadang ditemui banyak orang yang mengedit atau membuat tulisan dari file langsung di flashdisk. Ini memang dianggap langkah yang praktis. Sebaiknya kita tidak melakukan hal ini lagi karena akan memperberat kerja flashdisk.
  7. Tidak terlalu lama memasang flashdisk di komputer
    Ketika terlalu lama flashdisk terpasang di komputer maka sangat mungkin akan terkena panas. Tidak baik kondisi ini bagi flashdisk. Sebaiknya kita tidak terlalu lama memasangnya.
  8. Menyimpan flashdisk di tempat yang aman
    Sebaiknya kita menyimpan flashdisk di tempat khusus. Aman dari panas dan hujan. Ketika kita disiplin dalam menyimpannya maka kita pun akan mudah saat mencarinya. Saat tergesa-gesa maka tinggal kita mengambilnya dengan cepat karena sudah hafal tempatnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *