Menu Close

Cara Memilih Ikan Tuna Yang Segar

Cara Memilih Ikan Tuna Yang Segar

Ikan tuna banyak disukai masyarakat Indonesia. Jenis ikan laut sangat banyak sebenarnya tetapi untuk nama ikan tuna ini punya brand sendiri. Dari masyarakat desa maupun kota telah mengenal ikan tuna sejak lama. Untuk mendapatkan ikan ini juga tidaklah terlalu sulit. Biasa di jalan-jalan masuk atau gang baik di kota maupun di desa dilewati oleh para pedagang ikan laut yang rajin berkeliling untuk menjajakan dagangannya. Dari situlah banyak orang membelinya. Sudah lama masyarakat mengkonsumsi ikan tuna ini. Mereka pun merasakan betapa lezatnya ikan ini ketika dimasak. Tentu saja, tiap orang memiliki selera tersendiri untuk memilih jenis masakannya.

Ikan tuna juga dipercaya memiliki banyak kandungan nutrisi yang diperlukan oleh tubuh kita. Terutama bagi anak-anak yang sedang menjalani masa pertumbuhan maka amat disarankan untuk makan ikan laut yang salah satunya ya ikan tuna ini. Kandungan gizi ikan tuna antara lain: kalori, lemak, protein, zat besi, natrium, vitamin B12, dan vitamin D. Cukup lengkap sekali nutrisinya sebagai menu makanan yang dikonsumi.

Selain lengkap dan kaya dengan nutrisi ternyata ikan tuna ini pun memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan. Beberapa manfaat itu diantaranya, ikan tuna dapat menyehatkan jantung kita, mampu meningkatkan daya tahan tubuh, meningkatkan kesehatan mata, dan memperlancar sirkulasi darah. Luar biasa juga ikan tuna ini dalam kaitannya bermanfaat bagi kesehatan. Maka pantaslah bila banyak orang suka menikmati masakan dari ikan tuna.

Ketika kita hendak membeli ikan tuna tentu kita tidak asal-asalan saja. Maksud kami kita tentu ingin mendapatkan ikan tuna yang terbaik kualitasnya. Syukur bisa mendapatkan harga yang cukup murah. Memang kalau membeli di pantai biasanya akan mendapatkan harga yang miring. Namun, bila rumah kita jauh dari pantai tentu akan sulit hal itu dilakukan. Sangat tidak efisien dari segi waktu dan tenaga bila hanya ingin membeli ikan tuna lalu harus berkendaraan sampai tiga puluhan kilo meter misalnya. Pastinya kita tidak ingin seperti itu bukan? Terkecuali bila kita memiliki momen ke pantai secara kebetulan. Bisa kita membeli di sana. Misalnya saja saat ada acra rekreasi teman sekantor di pantai atau ada kegiatan menghadiri undangan pernikahan yang tempatnya dekat dengan pantai.

Selain harga yang miring, kita pun ingin mendapatkan ikan tuna yang segar. Kami yakin semua orang lebih suka memilih ikan tuna yang masih segar saat mereka ingin membelinya. Yang menjadi pertanyaan selanjutnya, bagaimana cara mengetahui mana ikan tuna yang masih segar dan yang bukan. Mengandalkan informasi dari penjual saja rasanya kurang cukup. Kita mesti mengetahui ciri-ciri ikan tuna yang masih segar. Berikut ini kami coba tuliskan beberapa cara memilih ikan tuna yang segar. Silakan disimak dengan baik.

  1. Perhatikan aroma ikan tuna tersebut
    Ikan tuna yang masih segar menghadirkan aroma ikan laut. Memang hal ini sangat wajar karena sebab ikan tuna berasal dari laut.
  2. Lihatlah kondisi kulit ikan tuna yang akan dibeli
    Untuk
    ikan tuna yang masih segar ditandai dengan kondisi kulitnya lembab. Bila kulit ikan tuna tersebut tidak lembab maka sangat mungkin ikan tersebut sudah tidak segar lagi.
  3. Lihatlah dagingnya
    Untuk ikan tuna yang masih segar maka dagingnya akan kenyal. Dagingnya tidak hanya kenyal saja bahkan tetapi juga padat.
  4. Perhatikan kulit ikan tuna
    Untuk ikan tuna yang segar maka kulitnya akan terdapat lendir yang sedikit saja. Tidak banyak sebagaimana ikan yang sudah tak segar.
  5. Perhatikan juga insangnya
    Pada bagian insang kita perlu melihat secara jeli. Khususnya pada ikan yang segar akan ditandai dengan warna insang yang merah dan tidak pucat.
  6. Yang terakhir, lihatlah matanya
    Ikan tuna yang segar matanya bersih dan kemerah-merahan. Di samping itu, mata ikan tuna yang segar kelihatan mengkilat.

Nah, demikian tips memilih ikan tuna yang segar. Jangan lupa untuk mempraktekkan tips tersebut. Ikan tuna yang kita beli tentu akan dipilih yang terbaik. Kondisi segar inilah yang menjadi salah satu hal penting dalam mempertimbangkan kita membeli ikan tuna. Dengan memilih yang segar maka kita bisa memasak ikan tuna dengan rasa lebih enak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *